top of page

Jejaring Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia, Indonesia Creative Cities Network (ICCN)

Updated: Jan 12, 2021

Berjejaring, berjodoh, membangun sinergi. Dengan lebih dari 16.000 pulau, 1300 tradisi, 700 bahasa, diakomodasi dalam lebih dari 500 kota kabupaten ruang formal, dengan kesadaran bahwa kreativitas adalah arus besar perubahan menuju Indonesia yang lebih baik lagi.

ICCN mencoba hadir sebagai jejaring silaturahmi forum lintas komunitas yang ingin memperjuangkan bagaimana seluruh kota di Indonesia membangun dengan identitas khasnya berkenaan dengan potensi kreatif dengan 10 nilai prinsip, yaitu: kota yang menjunjung keragaman sosial budaya, inklusif, melindungi HAM, memuliakan kreativitas, tumbuh bersama lingkungan yang lestari, memelihara kearifan sejarah, transparan adil dan jujur, memenuhi kebutuhan dasar, memanfaatkan energi terbaharukan dan menyediakan fasilitas umum yang layak bagi masyarakat. Untuk tujuan kesejahteraan warga, pemerataan ekonomi, penyelesaian masalah keseharian, naik kelas dan relevan dengan zaman.


KENAPA KOTA KREATIF ?

  • Tahun 2050, 70% penduduk dunia akan hidup diperkotaan (PBB 2014).

  • Semua kota di Dunia berkomitmen memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals 2030 dan menjalankan The New Urban Agenda.

  • Kota adalah entitas yang paling lentur dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan terkini, seperti perubahan iklim dan perpindahan massal manusia.

  • Kita sudah masuk dalam Era Revolusi Industri 4.0 yang bercirikan sistem cyber-fisik, dengan dominasi tren otomasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur sehingga daya cipta, cara berpikir kreatif, kemampuan kognitif dan pemahaman terhadap teknologi dan sistem 'cerdas' menjadi modal utama manusia untuk bertahan dan berkembang.


PROFIL ICCN

Indonesia Creative Cities Network (ICCN) atau jejaring Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia adalah simpul organisasi yang berkomitmen untuk mewujudkan 10 prinsip kota kreatif. Kini dalam ICCN telah tergabung 211 inisiatif kota/kabupaten dibawah koordinasi 11 Koordinator Daerah yang tergabung dalam Pengurus Pusat ICCN


TUJUAN ICCN

ICCN bertujuan untuk menggalang sinergi antar kota/kabupaten kreatif di Indonesia, untuk dapat mencapai tujuan bersama, yaitu saling mendukung dalam pengembangan ekonomi kreatif demi peningkatan kesejahteraan di wilayah kota/kabupaten.


Umbu Billy selaku ICCN Korda NTT memaparkan kerja kreatif di NTT yang dimulai sejak 2017 dengan mendirikan platform Sumba.TV sebagai media dokumentasi dan publikasi kemudian dilanjutkan dengan merilis media sosial Sumba The Journey pada 6 Juni 2019 kemudian akan segera disusul perilisan program Sumba Culture Trip dan e-commerce KIOS
Umbu Billy - ICCN Korda NTT

PROGRAM ICCN 2017 - 2019

  1. Kompas Pembangunan Kota/Kabupaten

  2. Satu Peta & Satu Data Ekonomi Kreatif Indonesia

  3. Indikator Kota Kreatif Indonesia


BENEFIT BERGABUNG DALAM ICCN

  • Dapat memperoleh informasi termutakhir dan terpercaya terkait ekonomi kreatif.

  • Mendapat prioritas untuk dilibatkan dalam berbagai program ICCN dan jejaringnya.

  • Terhubung langsung dengan para pakar dari seluruh bidang industri kreatif.

  • Dapat memperluas jejaring dan peluang yang lebih luas dalam bidang ekonomi kreatif, baik dalam skala nasional, regional dan internasional.

44 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page