DEWAN JURI SMH - Lomba Menulis Puisi, Menulis Cerpen dan Membuat Film Pendek

Updated: Aug 26, 2019

Dalam rangka mendukung visi Presiden Joko Widodo membangun Sumber Daya Manusia Bangsa Indonesia, SumbaMedia HUB menyelenggarakan Lomba Menulis Puisi & Cerpen (SMP & SMA) dengan tema 'Generasi Muda Sumba', Lomba Membuat Film Pendek Tentang Sumba (umum).


Berikut adalah Profil Juri :


HANNE ARA

Hanne Tenggania Wuasu Rini Ara dilahirkan di Ruteng, 13 Maret 1988. Telah menempuh pendidikan Strata 1 di Fakultas Pertanian, Universitas Udayana. Menggeluti dunia videografi sejak tahun 2017 dan menggemari film pendek, serta visual poetry. Saat ini aktif sebagai Creative Production Director Sumba.Tv, Freelance Photographer & Videographer, Wedding Organizer, serta Gitaris Band. Menjadi salah satu pemateri dalam Lokakarya Video Art yang diselenggarakan oleh Subdit Seni Media, Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Maret 2019) dan Alumni 3D Animasi oleh Kementrian Perindustrian RI, Balai Diklat Industri Denpasar, dan Bamboomedia (Juli 2019).


SISWAN DEWI

Siswan Dewi dilahirkan di Denpasar, 09 Februari 1995. Menempuh pendidikan Strata 1 Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Udayana. Aktif terlibat sebagai Volunteer di Lembaga Kebudayaan Kompas Gramedia Group, Bentara Budaya Bali (2013-sekarang), penyiar radio Program Talkshow Ekspresso 88 Sonora Bali Fm. Terlibat aktif sebagai panitia Program Pemutaran Film ‘Sinema Bentara’ (Bentara Budaya Bali 2013-sekarang), serta sempat terlibat dalam beberapa program festival film baik tingkat nasional maupun internasional seperti German Cinema, ACFFest oleh KPK RI, Minikino Film Week, Europe on Screen, My French Film Festival. Peserta Workshop Penyutradaraan Tingkat Dasar & Menengah oleh Pusbang Film, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, (2017) dan sempat menjalani Program Internship di Dapur Film, Jakarta (Production House) (2018).


MARIA PANKRATIA

Maria Pankratia merupakan Koordinator Program di Yayasan Klub Buku Petra, Ruteng. Terlibat aktif dalam Komunitas Buku Bagi NTT sejak 2014, dan saat ini menjadi Wakil Ketua Pengurus Nasional. Pada Mei 2017, Maria pernah menjadi salah satu Emerging Writer dari Nusa Tenggara Timur yang diundang ke Makassar International Writers Festival bersama kelima peserta lainnya. Di tahun yang sama, salah satu artikelnya yang berjudul “KTP untuk Kaum Waria, Kenapa Tidak?” menjadi Juara III Kategori Umum, Lomba Penulisan dan Liputan bertema “Keberagaman Gender dan Seksualitas” oleh Asean Literary Festival 2017, Ardhanary Institut dan Aliansi Jurnalis Independen. Tulisannya telah dipublikasikan di beberapa media, seperti Bali Post, Pos Kupang, Jurnal Santarang dan Bale Bengong. Saat ini, Maria juga aktif sebagai Sekretaris Redaksi Bacapetra.co, salah satu media online yang berfokus pada pengembangan sastra dan literasi di Nusa Tenggara Timur.


R.P. MALAIRU

Rambu Padji Malairu dilahirkan di Sumba Barat, 16 April 1957. Menyelesaikan pendidikan tinggi pada Fakultas Keguruan, Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pernah mengabdi sebagai guru SMP N 01 Bajra-Tabanan, Bali (1982-1985), SMP N 01 Abiansemal, Bali (1985-1993), dan SMP Katolik Anda Luri - Sumba Timur (1994-2017). Saat ini aktif mengelola RPM Gallery (salah satu tenant e-commerce KIOS) yang memiliki visi pemberdayakan pengrajin dan produk lokal Sumba, seperti kain tenun ikat, kain pahikung serta Mbola Happa/Karera (tempat sirih khas Sumba).


BENEDICT ULE ANDER

Benedict Ule Ander Lahir di Bajawa, Flores (NTT), 16 November 1975. Pendidikan taman kanak dilalui di TK Harapan Bangsa Bajawa (1982-1983). Setelah tamat SDK Kisanata Bajawa (1983-1989), ia masuk SMP Seminari St Yohanes Berchmans Todabelu, Mataloko (1989-1992), lalu SMA Seminari St Yoh. Berchmans Todabelu, Mataloko (1992-1994). Naik kelas III, ia pindah ke SMAN Bajawa (1994-1995). Ia menjadi biarawan Karmelit dan belajar Spiritual Ordo Karmel di Postulat & Novisiat Karmel Maumere (1995-1998) dan mengenyam pendidikan filsafat dan teologi di STFT Ledalero, Maumere (1997-2001). Setelah praktek pastoral di Paroki St Yoseph Riangkemie, Flores Timur, 2002, ia menanggalkan jubah coklat kemudain merantau ke Denpasar. Ia merintis karir jurnalistik sebagai korektor di HU Fajar Bali (Juli 2003 - Februari 2004), lalu bergabung dengan Koran Pak Oles (Mei 2004 - 2010).Gemar menulis puisi sejak SMP, menulis kronik bulanan di Buletin Karmel dan editor Majalah Ziarah waktu di bangku kuliah. Pada 14 Desember 2005 ditunjuk sebagai Redaktur Pelaksana Koran Pak Oles dan Redaktur Khusus Tabloid Otomotif MONTORKU (Agustus 2004 - 2010).Editor berbagai buku yang diterbitkan Pak Oles Center.Saat ini fokus membangun komunitas marketing Event Organizer di Simatha.com dan GajiBos.com, e-mail: benyuleander@gmail.com.


RUDI SAMAPATI

Rudi Umbu Redi Samapati dilahirkan di Waikabubak, 16 Agustus 1972. Menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Kedokteran Hewan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, serta menamatkan Pendidikan Doktor Kedokteran Hewan di Free University of Berlin, German. Pernah aktif dalam Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Komisariat Kedokteran Hewan (1991-1996), Anggota Horse Riding Club (Unit Berkuda) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (1993-1997), Anggota PDI Goettingen (1997-2000). Pengalaman bekerja di Clinic for Horses Free University, Berlin (2001-2006), peneliti pada Institute for Physiology, Charité –Universitätsmedizin Berlin, Germany (2006-2016), dan hingga saat ini aktif sebagai Dokter Hewan di Berlin, Germany. Telah berpatisipasi dalam beberapa pertemuan tingkat internasional diantaranya pada Meeting 2009 of the GfMVB (Gesellschaft für Mikrozirkulation und Vaskuläre Biologie) and the Swiss Society for Microcirculation (SSM) (2009, Switzerland), Effect of Sodium Selenite on LPS Endothelial Injury Selenium (2010, Kyoto, Japan), Lung endothelial Ca2+ and permeability response to PAF is mediated by TRPC6 (Experimental Biology 2012, San Diego, USA), PAF-induced recruitment of caveolin-1 reduces endothelial NO levels-Role of acid sphingomyelinase, 8th European respiratory society – lung science conference (2010, Estorul, Portugal), dan lain-lain.


HERMAN UMBU BILLY

Umbu Billy Lahir di Denpasar, 6 Agustus 1985 anak kedua dari Antonius Umbu Lapu (Ayah) dan Rambu Padji Malairu (Ibu), Adik dari Fidelis Umbu Moki (alm), Kakak dari Angelia Rambu Leki, Digna Rambu Bita Emu, Grace Delani Rambu Jola, Suami dari Fransiska Fila Hidayana dan Ayah dari A.A. Umbu Lapu.​

Umbu Billy menamatkan studi S1 di Fakultas Teknik Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas University) dan saat ini sedang menempuh program profesi Insinyur pada almamater yang sama.​

Pada 2017 mendirikan SumbaMedia HUB, platform digital yang program awalnya adalah Sumba.TV, terus berlajar dan mempelajari data analitik Sumba.TV pada tahun 2019 ini juga meluncurkan Sumba Culture Trip, e-commerce KIOS dan media sosial Sumba The Journey.

Sejak tahun 2008 - saat ini juga sebagai Principal CivilARC INDONESIA (Project Management & Design Consultant).

157 views4 comments

Recent Posts

See All

Puisi "Generasi Perkasa Sejuta Asa"

oleh Inge Putri Dimamesa - Peserta Lomba Menulis Puisi SumbaMedia HUB 2019 Sumba membutuhkan penerus Generasi yang tak kenal takut Berjuang hadapi panas Membangun Sumba dengan semangat Kain pakaian ke

Catatan
Join our mailing list

copyright 2018 | SumbaMedia HUB

  • Facebook
  • Instagram
  • Pinterest
  • Twitter