Cerpen "Keindahan Alam Sumba Timur"

Updated: Mar 23

oleh May XI - Peserta Lomba Menulis Cerpen SumbaMedia HUB 2019


Perkenalkan namaku Shinta aku bersekolah di salah satu SMA yang berada di kota Waingapu, aku memiliki teman-teman yang keluarganya cukup elite. Sekarang aku berada di kelas XI dan kini kami semua telah menyelesaikan ulangan kenaikan kelas seminggu yang lalu, karena waktu libur panjang akan segera datang, mereka sedang sibuk berbicara tentang ke mana mereka akan pergi berlibur.


"Shinta, kamu liburan ke mana nanti? “tanya temanku Ratna

"Aku? mungkin di rumah aja rat"jawab ku sambil tersenyum

"Hmmm,,, di rumah aja terus! emangnya tidak bosan ya? “tanya nya dengan jutek

"Tidak,,, kalau kamu mau liburan ke mana, Ratna? “tanyaku penasaran

"Mau ke Singapura,,, jalan-jalan sama keluarga! “jawab nya

"Oohh,,, emangnya di Sumba kurang menarik ya?" Tanya ku penasaran

"Mungkin, dan di sini juga udaranya panas" jawab Ratna dengan nada yang cukup tinggi

"Tapi kamu tahukan pemandangan di Sumba Timur lebih indah daripada Singapura"

"Aku tidak tahu bagaimana keindahan alam sumba yang sebenarnya, aku hanya sering mendengar kata orang bahwa di sini pemandangannya kurang bagus “jawab ratna

"Kamu hanya mendengar kata orang tapi, kamu tidak pernah tahu bahwa Sumba Timur menyimpan banyak keindahan alam yang tak terduga “jawab ku sambil tersenyum lebar

"Tapi apa kata teman-teman yang lain kalau aku hanya liburan di sini,,,"jawabnya risih

"Mungkin mereka belum mengetahui keindahan Sumba yang sangat indah" jawab ku dengan santai


"Apakah kamu mau memberi tahu tempat-tempat yang indah?” Tanya Ratna

"Boleh dan aku juga memiliki beberapa foto tempatnya,,," sambil menunjukkan fotonya

"Wah,,,,gila keren dan bagus tempat nya tapi ini bukan editan kan?" Tanya Ratna tak percaya

"Tidak lah,,,, buat apa yang editan udah ada yang asli,,, jadi gimana masih mau ke Singapura atau jalan-jalan di Sumba"ledek ku

"Hmmm aku harus kasih tau orang tua aku biar jalan-jalan di sini aja"sambil tersenyum

“Terserah kamu aja, tapi kamu yakin orang tua kamu mau jalan-jalan di sini?” tanyaku penasaran


“Aku yakin kalau orang tua aku mau, soalnya mereka itu lebih senang dengan pemandangan yang asri ”jawab Ratna

Tiba-tiba seorang siswa yang bernama Rubby datang menghampiri kami

“Woiiii” teriaknya

“Rubby, jangan teriak-teriak nanti aku tuli” bentak Ratna

“iya maaf,,, kalian lagi cerita apa sih,,,, kelihatannya serius” tanya Rubby penasaran

“Hmmm,,,, kita lagi bicara soal keindahan alam sumba” jawab ku dengan nada senang

“Wow,,, aku pernah pergi di air terjun Tanggedu,,, di sana pemandangannya keren abis” jawabnya senang

“Really?? Aku jadi tambah penasaran bagaimana keindahan pemandangan alam yang asri” tanyanya serius

“Buat apa aku bohong,,, tidak ada gunanya aku berbohong ”jawab Rubby sambil menjulurkan lidahnya

“ sudah Rubby,,, Aku sudah bilang kalau di Sumba banyak tempat wisata yang indah” ledekku


“ Aku harus pergi, bagaimana kalau besok kita pergi?” tanya Ratna

“Hmmm,,, gimana ya? ”jawabku

“Nanti aku yang jemput gimana?” tanya Rubby

“oke, aku dan Ratna tunggu di taman kota ya” jawabku senang

“ jangan terlambat ya,,, jam 9:00 kami tunggu” ucap Ratna memperingati Rubby

Keesokan harinya mereka sedang melakukan perjalanan menuju tempat wisata pertama yaitu Bukit Wairinding. Dengan wajah yang sangat ceria mereka bernyanyi sepanjang jalan. Mereka baru melalui Leter S berapa terkejutnya Ratna melihat pemandangannya

“Wow,,,, aku tidak salah lihat kan” tanya Ratna

“Apanya Ratna? ”tanyaku penasaran


“ Itu!!!! Pemandangannya indah sekali,,,, seperti bisa lihat satu kota Waingapu” pekik Ratna

“Oooo itu! Memang dari sini kita bisa melihat kota Waingapu,,, keren kan” jawab ku antusias

“Gitu aja hebohnya minta ampun,,,,, belum sampai tempat tujuan, pasti kamu tidak mau pulang” ledek Rubby

“Biarin aja,,, omong-omong masih jauh ya tempatnya” tanya Ratna penasaran

“sedikit lagi sampai kok” jawab ku

“Ohhhh “ jawab Ratna

Setelah 45 menit perjalanan mereka sampai di tempat tujuan yaitu Bukit Wairinding,,bertapa kaget dan senangnya Ratna melihat pemandangan yang sangat indah

“Sumpah keren” ucap Ratna

“Ini rumputnya sudah kering soalnya musim panas tapi, kalau musim hujan pemandangan di sini lebih bagus lagi” ucap Rubby

“iya biasanya orang-orang foto di sini pakai kain Sumba juga Rat!” ucap ku

“kelihatannya menarik, aku harus mencoba nya biar aku tidak menyesal” ucap Ratna antusias

“sini biar aku bantu pakai kain Sumba -nya”

“Iya ni aku tidak tau bagaimana cara pakainya” ucap Ratna

“ Ini kainnya biar di lilit aja di badan biar lebih kelihatan kainnya” ucap ku

“ Makasih ya Shinta mau memperkenalkan aku dengan keindahan Sumba” ucap Ratna

“ dengan senang hati Ratna” ucap ku


“Hmmmmmm,,, Mau di foto in nggak “ ucap Rubby merasa di cuekin

“ Oiya ada Rubby aku jadi lupa hhhhh” ucap Ratna mengganggu

“Iya foto in dong ,foto yang bagus ya! Awas buram” ucap Ratna memperingati

“ Iya masa nggak percaya sama fotografer yang handal” ucap Rubby membanggakan diri

Hari sudah menjelang semakin siang, matahari pun semakin terik tapi mereka tidak menghiraukan teriknya matahari. Sudah hampir 2 ½ jam mereka berada di Bukit Wairinding dan mereka memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tanggedu. Selama perjalanan menuju ke sana mereka memposting foto-foto mereka di semua sosial media dengan menggunakan caption “ Sumba is Very Amazing Place”. Setelah hampir 2 jam perjalanan mereka pun sampai di tempat yang di tuju yaitu Air Terjun Tanggedu.

“ Hanya kata wow yang bisa aku ucapkan “ kata Ratna dengan gagap

“ Yang benar saja ? “ kata Rubby dengan terheran heran

Tak banyak bicara mereka langsung berfoto keindahan Air Terjun Tanggedu lalu, mereka pun mandi di sana.


Waktu terus berjalan dan kini, waktu sudah menunjukkan pukul 14:30 akhirnya mereka memutuskan untuk pulang ke rumah mereka masing-masing dengan raut wajah yang begitu bahagia. Dan Ratna pun semakin tertarik dengan keindahan alam yang masih asri di pulau ini, di pulau surga yang menyimpan banyak keindahan serta ia juga berjanji untuk tidak mendengarkan perkataan orang tentang kejelekan pulau terpencil melainkan ia percaya bahwa pulau terpencil menyimpan lebih banyak keindahan alam dibandingkan negara-negara asing.


Selengkapnya klik tautan : https://sites.google.com/sumbamedia.net/madingsekolah/cerpen?authuser=0

12 views
Catatan
Join our mailing list

copyright 2018 | SumbaMedia HUB

  • Facebook
  • Instagram
  • Pinterest
  • Twitter